Rabu, 17 Desember 2014

KEGIATAN GEBYAR 28 TAHUN 2014

Gebyar 28 Balai Bahasa Jawa Timur 2014

   

    

1.1 Latar Belakang Kegiatan

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBJT) secara rutin menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Gebyar ’28. Kegiatan tersebut merupakan puncak kegiatan dari serangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur sebelumnya.
            Kegiatan Gebyar ’28 tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur untuk memberi perhatian dan penghargaan pada aktivitas sastra. Kegiatan Gebyar ’28 tersebut dikemas dalam tiga tahap, yaitu seminar, pentas sastra, dan penghargaan sastra 2014.
            Dalam acara seminar mengambil tema “Efek Media Sosial bagi Perkembangan Berbahasa dan Berbangsa”. Hal penting yang bisa digarisbawahi dalam acara seminar ini adalah perkembangan media sosial saat ini banyak memberikan pengaruh besar dalam perkembangan berbahasa. Media sosial dapat dengan mudah dan cepat menyebarkan istilah-istilah baru kepada publik.  Oleh karena itu, dengan bahasa Indonesia  yang memiliki aturan dan kaidah-kaidah dalam menyikapi hal tersebut untuk menjaga dirinya sendiri dari gempuran istilah-istilah yang muncul dalam media sosial.
            Untuk acara pentas sastra, panitia menampilkan kembali para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tahun 2014 dan juga sastrawan dari luar Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Penampilan pertama adalah tim musikalisasi puisi dari SMKN 12 Surabaya sebagai pemenang pertama dalam kegiatan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA dan Sederajarat se-Jawa Timur Tahun 2014. Kedua, pemenang pertama Lomba Tembang Macapat Tingkat Remaja se-Jawa Timur Tahun 2014. Pemenang lomba tembang macapat diraih oleh mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kerawitan (STKW) Surabaya. Penampilan ketiga, pembacaan puisi oleh mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Penampilan keempat adalah pembacaan puisi berbahasa Madura oleh Moh. Fauzi. Beliau berasal dari kalangan sastrawan yang berasal dari STKIP PGRI Sumenep, Madura. Penampilan keempat atau terakhir adalah acara tambahan secara spontanitas yaitu pembacaan geguritan oleh sastrawan terkenal bernama Gampang Prawoto. Beliau adalah salah satu penerima penghargaan sastra tahun 2014.

            Penghargaan sastra tahun 2014 ini diberikan kepada Drs. Tjahjono Widarmanto, M.Pd., Suyanto, M.Pd., Komunitas Masyarakat Lumpur Bangkalan, Yunani Sri Wahyuni, dan Gampang Prawoto. Kriteria penilaian berdasarkan empat kategori, yaitu komunitas sastra, karya sastra, sastrawan berdedikasi, dan sastra anumerta.

  1. 2.        Dasar Hukum Kegiatan
  2. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lembaga Negara       serta Lagu Kebangsaan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata   Kerja Kementerian Pendidikan Nasional
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 022/O/1999 tanggal 28           Januari 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Bahasa Provinsi
  5.  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Nomor (DIPA) Balai Bahasa Surabaya tahun 2014
  6. Keputusan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Nomor 061/I4.08/Kep/BB.2014            tentang Penunujukkan Panitia Gebyar ’28 Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.
  7. Keputusan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Nomor 062/I4.08/Kep/BB/2014            tentang Penunjukan Narasumber Gebyar ’28 Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

  1. 3.        Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi sastra bagi masyarakat sastra terutama pelajar, guru, mahasiswa, sastrawan, dan pemerhati sastra, serta mereka yang tergabung dalam komunitas atau sanggar sastra sehingga lebih kreatif dan produktif dalam bersastra.

  1. 4.        Manfaat Kegiatan
Gebyar ’28 merupakan kegiatan sastra yang mampu memberi manfaat bagi masyarakat terutama komunitas sastra sekaligus sebagai  rangsangan tumbuhnya rasa penghargaan bagi penggiat sastra Indonesia dan Jawa Timur sehingga memicu dorongan untuk berkreasi lebih giat dalam bersastra.
            Kegiatan ini sekaligus sebagai wadah kreativitas bagi masyarakat dan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta melalui acara seminar, penghargaan sastra, dan pentas sastra yang diselenggarakan dalam kegiatan Gebyar ’28 ini.

  1. 5.        Sasaran Kegiatan
Peserta dalam kegiatan ini adalah dari kalangan akademisi, dosen, mahasiswa, guru, siswa, praktisi sastra dan seni, dan masyarakat umum.

  1. 6.        Hasil yang Diharapkan
Dengan diselenggarakan kegiatan Gebyar ’28 ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran dari seluruh peserta untuk lebih menghargai dan menghormati bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

  1. 7.        Tahapan Kegiatan
Kegiatan Gebyar ’28 ini tahun 2014 ini dilaksanakan dalam tiga tahapan kegiatan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan.

7.1    Persiapan Kegiatan
Dalam tahap persiapan, kegiatan yang dilakukan adalah penunjukan panitia kegiatan, penyusunan proposal, penunjukan narasumber, penunjukan pementas sastra, dan peserta, pembuatan dan pengiriman surat, menyiapkan tempat, serta sarana kegiatan. Kepanitiaan dalam Gebyar ‘28 tahun 2014 terdiri atas pejabat dan staf Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Penunjukan dan pembentukan panitia dilakukan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dalam bentuk surat keputusan.
            Narasumber yang ditunjuk sebagai pembicara dalam acara Gebyar ’28  dengan tema “Efek Media Sosial bagi Perkembangan Berbahasa dan Berbangsa”. adalah dua orang yang ahli dibidangnya. Kedua narsumber tersebut berasal dari Universitas Airlangga (Unair). Pertama, Dr. Ni Wayan Sartini, M.Hum., beliau ahli dibidang sosiolinguistik. Narasumber kedua adalah Kandi Aryani Suwito, M.A. yang ahli di bidang komunikasi.
            Sesuai dengan bentuk kegiatan dan sasaran kegiatan, pembuatan dan pengiriman surat ditujukan kepada narasumber, peserta, dan komunitas sastra penerima penghargaan. Kegiatan akan dilaksanakan di Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

  1. Panitia Kegiatan
Kegiatan Gebyar ’28 tahun 2014 dilaksanakan oleh sebuah kepanitiaan yang terdiri atas pejabat dan staf Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Penunjukkan panitia dilakukan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu dasar dalam pelaksanaan sebuah kegiatan. Berikut ini susunan panitia pelaksanaan kegiatan Gebyar ’28 tahun 2014.

No.
Nama
Jabatan
1.
Drs. Amir Mahmud, M.Pd. Penanggung Jawab
2.
Yuyun Kartini, S.Pd. Ketua
3.
Drs. Yani Paryono, M.Pd. Anggota
4.
Drs. Anang Santosa, M.Hum. Anggota
5.
Dian Roesmiati, S.S. Anggota
6.
Yulitin Sungkowati, M.Hum. Anggota
7.
Mashuri, S.S. Anggota
8.
Rahmidi Anggota
9.
Budi Aries Santoso, A.Md. Anggota
10.
Supartono Anggota


  1. Narasumber
Narasumber yang ditunjuk sebagai pembicara dalam acara Gebyar ’28  dengan tema “Efek Media Sosial bagi Perkembangan Berbahasa dan Berbangsa”. adalah dua orang yang ahli dibidangnya. Kedua narsumber tersebut berasal dari Universitas Airlangga (Unair). Pertama, Dr. Ni Wayan Sartini, M.Hum., beliau ahli dibidang sosiolinguistik. Narasumber kedua adalah Kandi Aryani Suwito, S.Sos., M.A. yang ahli di bidang komunikasi. Moderator yang ditunjuk dalam acara seminar adalah Drs. Anang Santosa, M.Hum. dan Slamet ari Wibowo.

  1. Peserta Kegiatan dan Pementas Sastra
 Peserta kegaitan Gebyar ’28 tahun 2014 berjumlah 150 orang. Peserta tersebut berasal dari beberapa kalangan dari sastrawan, akademisi, pendidik tingkat lanjutan, praktisi sastra, mahasiswa, dan pelajar. Peserta Gebyar ’28 berasal dari Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten  Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro, dan Kota Surabaya.

  1. Pembuatan/Pengiriman Surat
Sesuai dengan bentuk kegiatan dan sasaran kegiatan, pembuatan dan pengiriman surat dilakukan dan ditujukan kepada semua narasumber, seluruh penampil, seluruh komunitas pemenang penghargaan sastra, pihak kepolisian setempat, dan seluruh tamu undangan.

  1. Penyiapan Tempat dan Sarana Kegiatan
Untuk mendukung pelaksanaan Gebyar ’28 diperlukan berbagai sarana antar lain: spanduk, tenda besar beserta alat kelengkapannya, sound system. Bagi peserta disediakan tas yang berisi seminar kit yang terdiri atas ATK, materi seminar, blocknote, bolpoin. Tempat penyelenggaraan kegiatan Gebyar ’28 di halaman Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.
                                      
7.2    Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Gebyar ’28 dilaksanakan dalam tiga sesi kegiatan, yaitu pentas sastra, seminar, dan penghargaan sastra tahun 2014. Pelaksanaan kegiatan Gebyar ’28 dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober tahun 2014 di halaman Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang akan ditandai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan sambutan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur diteruskan pembukaan acara secara resmi.
            Setelah pembukaan, acara diawali dengan pentas sastra berupa musikalisasi puisi. Musikalisasi puisi ditampilkan oleh siswa-siswi SMKN 12 Surabaya sebagai pemenang pertama dalam lomba musikalisasi puisi yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014. Rangakaian acara selanjutnya adalah seminar bertema “Efek Media Sosial bagi Perkembangan Berbahasa dan Berbangsa”. Narasumber seminar adalah Dr. Ni Wayan Sartini, M.Hum. dan Kandi Aryani Suwito, S.Sos., M.A. Kedua narasumber adalah dosen Unair.
Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan antara lain: pembacaan puisi yang ditampilkan oleh mahasiswa UNIPA sebagai juara umum tingkat nasional, penampilan nembang macapat sebagai pemenang pertama lomba tembang macapat yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tahun 2014, pembacaan puisi berbahasa Madura oleh sastrawan dari STKIP PGRI Sumenep, dan penampilan terakhir adalah pembacaan geguritan secara spontanitas oleh sastrawan sebagai salah satu penerima penghargaan sastra tahun 2014.
            Acara terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan Gebyar ’28 tahun 2014 adalah penghargaan sastra yang diberikan kepada komunitas sastra yang memiliki komitmen dan prestasi dalam bidang  sastra, baik sastra daerah maupun Indonesia.

7.3    Penyusunan Laporan Kegiatan
Laporan kegiatan disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia penyelenggara secara administratif dan sebagai dokumen Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.


http://balaibahasajatim.org/balit_/html/index.php?id=berita&kode=53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar