Senin, 09 Desember 2013

Naning Pranoto "Ayo" Menulis Sastra Hijau



Naning Pranoto Ajak Generasi Muda Menulis Sastra Hija
Naning Pranoto Ajak Generasi Muda Menulis Sastra Hijau
sastra bojonegoro Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - 

Sastrawan nasional, Naning Pranoto mengajak generasi muda Bojonegoro untuk menulis cerita pendek genre sastra hijau. Hal ini ia sampaikan dalam sosialisasi dan workshop yang digelar Perhutani bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Sastra Rayakultura dengan tema "Menulis Sastra Hijau Bersama Perhutani", Sabtu (30/11/2013). Workshop ini sekaligus pembukaan lomba menulis cerpen Hutan Lingkungan dalam rangka Perhutani Green Pen Award. Menurut Naning, saat ini kondisi bumi sudah memprihatinkan akibat ulah dari tangan-tangan manusia yang cenderung modern dan ingin praktis. "Kita harus meniru Suku Aborigin yang hidup menyatu dengan alam, tidak mau merusak alam karena mereka tahu hidup mereka bergantung pada alam," terang alumnus Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional Jakarta ini. 

Wanita yang telah menerbitkan puluhan buku ini juga memberikan kiat menulis cerpen sastra hijau kepada peserta workshop yang diikuti siswa perwakilan dari 30 sekolah dan guru Bahasa Indonesia di Bojonegoro. Selain itu juga turut hadir ADM 5 KPH, seperti ADM KPH Parengan, ADM KPH Padangan, ADM KPH Tuban dan ADM KPH Jatirogo. 

Sementara itu Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bojonegoro, Aggar Widyatmoko mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk menyukseskan Hari Menanam Nasional serta mendorong kesadaran masyarakat terutama generasi muda sejak dini. "Melalui pendekatan budaya ini diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan kesadaran akan pentingnya hutan sekaligus membangun karakter di era digital yang serba instan," terang Anggar. 

Selain Naning Pranoto, acara ini juga menghadirkan sastrawan putra daerah Bojonegoro, yakni Soesi Sastro yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Humas, Protokoler dan Sekretariat Kantor Pusat Perhutani. [zhu/yud]  
foto sastra bojonegoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar