Senin, 05 Mei 2014

SMA N 3 Terbitkan Antologi Puisi

sastra-bojonegoro.blogspot.com





 Siswa SMAN 3 Bojonegoro Terbitkan Antologi Puisi
Kontributor: Nasruli Chusna

blokBojonegoro.com - Menjelang akhir masa pembelajaran, siswa kelas XII SMAN 3 Bojonegoro menerbitkan antologi puisi bersama. Dari keempat antologi yang diterbitkan, para siswa patungan untuk mengganti biaya cetak dan penerbitannya.

Diprakarsai oleh guru Bahasa Indonesia mereka, Susanto, antologi puisi bersama tersebut dikemas menjadi sebuah tema besar, yaitu pohon, sehingga masing-masing bukunya berjudul ranting pohon, daun, duri, dan akar.

Susanto mengatakan, “Memang pada proses pengerjaannya saya arahkan untuk menulis berdasarkan apa yang mereka lihat. Bisa di lingkungan rumah, maupun di sekolah.” Di antara judul puisi dalam antologi tersebut adalah sepatu, bungkus permen, sampah, dan batu.

Selain karena pelajaran di sekolah, menurut Susanto, tujuan penerbitan antologi itu adalah untuk menumbuhkan semangat berkarya bagi para siswa. Baginya, jika ingin mengajak anak didik untuk berkarya, harus dimulai dari diri sendiri agar siswa terinspirasi dan mendapat contoh bahwa gurunya juga seorang penulis. Hal ini yang menurutnya jarang sekali ditemui di lapangan.

Rencananya, peluncuran antologi tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan hari kebangkitan nasional pada 20 Mei nanti. Namun, karena beberapa sebab jadwal tersebut dimajukan pada 3 Mei, bertempat di SMAN 3 Sendiri.

“Jadi nanti ketika para siswa sudah lulus dan keluar, mereka sudah menelorkan karya sendiri. Semoga ini bisa menjadi motivasi agar lebih maju,” pungkas Susanto. [rul/lis]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar