Rabu, 15 Oktober 2014

"Puser Bumi" Gampang Prawoto Raih Penghargaan Karya Sastra Jatim 2014

sastra-bojonegoro

 

 

Gurit Gampang Prawoto Raih Penghargaan Karya Sastra Terbaik Jatim

Reporter : Tulus Adarrma Gurit Gampang Prawoto Raih Penghargaan Karya Sastra Terbaik Jatim


Bojonegoro (beritajatim.com) -


puser  bumi manglung mangetan
kemrengseng swarane sedhan
kalah seru  swarane sepatu lerekan
prag-prog, brag-brug
ngidak-idak lemah warisan
ngurug dalan wetune pangan
ngosak-asik pranatan
nyadhong dhuwit sewan
kamar.

Sepenggal gurit (puisi Jawa) karya Gampang Prawoto yang berhasil menyabet penghargaan Karya Sastra Terbaik 2014 oleh Balai Bahasa Jawa Timur.

Buku antologi puisi bahasa Jawa (gurit) itu berhasil menyingkirkan beberapa buku puisi lain yang dikirim oleh sastrawan se-Jawa Timur. Usai menerima penghargaan, Gampang Prawoto kepada beritajatim.com mengatakan, jika dalam buku antologinya itu merupakan kumpulan sebanyak 78 puisi jawa yang ditulis sesuai kondisi realitas atau kegelisahan atas kondisi di sekitarnya.

"Saya tidak mengira sebelumnya akan mendapat penghargaan seperti ini. Yang saya lakukan hanya menulis untuk peluapan ide atau kegelisahan dari peristiwa di sekeliling saya," ungkapnya, Rabu (15/10/2014).

Dalam gurit Puser Bumi sendiri sebenarnya merupakan bentuk pesan yang ingin disampaikannya bahwa Bojonegoro adalah puser bumi dengan limpahan sumber minyak dan gas (migas) yang terkandung didalamnya. Menjadi pusat ekonomi negara. Menarik bagi pendatang untuk bisa ikut menikmati hasil bumi di Bojonegoro. "Bojonegoro sebagai puser bumi karena sumber minyaknya yang besar," terangnya.

Gampang Prawoto yang aktif dalam komunitas sastra, Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro (PSJB) itu juga telah banyak menerima penghargaan dari hasil karyanya. Seperti misalnya pinilih karya cerkak Jaya Baya 2004. Selain buku Puser Bumi, Dia juga menulis prosa liris yang berjudul Perempuan adalah Perempuan tahun 2013 lalu. "Dalam pengantarnya, Bonari Nabonenar, mengatakan bahwa puisi saya khas untuk dipanggungkan," pungkasnya.

Saat ditemui beritajatim.com, Gampang Prawoto sedang ganyeng ngobrol bersama sastrawan lain di Bojonegoro, diantaranya JFX Hoery yang juga pernah menyabet dua kali penghargaan Rancage pada tahun 2006 dan 2013, Nono Warnono pernah meraih penghargaan Rancage sekali pada tahun 2014, serta Yonathan Raharjo, pemenang Lomba Novel Dewan Kesenian Jakarta 2006, dengan novelnya Lanang.

Sekadar diketahui, selain memberikan penghargaan sebagai Karya Sastra Terbaik, Balai Bahasa Jawa Timur juga memberikan penghargaan untuk komunitas satra terbaik kepada Komunitas Lumpur, Bangkalan, Madura. Guru Bahasa Sastra berprestasi dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah tingkat Menengah. Serta penghargaan kepada Penulis diatas usia 60 tahun yang diberikan kepada Yunanik SW. [uuk/but] 



PUSER  BUMI

Kuthaku mabur ngawiyat
ilange keluk once mbako
nimbule crobong lenga.

puser  bumi manglung mangetan
kemrengseng swarane sedhan
kalah seru  swarane sepatu lerekan
prag-prog, brag-brug
ngidak-idak lemah warisan
ngurug dalan wetune pangan
ngosak-asik pranatan
nyadhong dhuwit sewan
kamar.

puser bumi munggah
sakilan
dol-tinuku
sadalan-dalan, warung
warung cilik nawakake
sawah apa tegal, kanthi sewan
dadi simpenan utawa cara gadhen.

puser bumi mudhun
sakilan
banyu panguripan


wutah ing sedhengah papan
gumrojog, kemricik
kaya swarane lenga

sesidheman
klesak-klesik
mumpung bojomu mlebu awan
janjian.

puser bumi minger ngalor-ngetan
kalisari lawange tutupan
gandul disangoni telung yutaan
widodari mabur saparan-paran
mula bapake arang mangan
icip pecel, njajal soto, imbuh rawon
wareg, rakaweruhan.

Bojonegoro,17012013

@ Jaya Baya No.31/LXVII  31 Maret-301 April  2013






2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  2. ijin bertanya, apakah masih ada stok buku puser bumi?
    matur nuwun

    BalasHapus