Senin, 03 Maret 2014

Ngamen Sastra Galang Dana untuk Korban Kelud

sastra-bojonegoro.blogspot.com







Reporter: Hazhu Muthoharoh

sastra-bojonegoro.blogspot.com  Komunitas Seni Bojonegoro menggelar aksi solidaritas penggalangan dana dan bantuan untuk korban erupsi Gunung Kelud di Kediri, Sabtu Malam (1/3/2014). Acara yang bertajuk "Ngamen Bareng" ini digelar di tribun Alun-alun Kota Bojonegoro merupakan kerja bareng antara Komunitas Seni Bojonegoro dengan Persatuan Penyair Peduli Bangsa.

Ketua panitia penyelenggara, Burhanudin menjelaskan bahwa malam ini adalah Ngamen Sastra yang ketiga setelah sebelumnya digelar di Alun-alun Trenggalek. Di antara kesenian yang ditampilkan malam ini  musikalisasi puisi, teater, pantomim, perkusi dan juga dance yang menggambarkan tentang erupsi Gunung Kelud.

Adapun pilihan digelar di Alun-alun  karena malam Minggu merupakan hari keluarga, diharapkan sumbangan yang terkumpul bisa lebih maksimal. "Disamping itu juga untuk mengedukasi masyarakat bahwa berkarya seni atau bersastra itu mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang termasuk anak kecil," ungkap guru SMKN 2 Bojonegoro ini.

Semua elemen seni terlibat dalam acara ini seperti Sayap Jendela, Teater Awu  SMKN 2 Bojonegoro, SMK Siang Bojonegoro, SMAN 1 Bojonegoro dan juga sebagian besaranggota Dewan Kebudayaan Bojongeoro. Ratusan pengunjung terlihat antusias memadati tribun Alun-alun mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa. [zhu/yud]
 Gampang Prawoto
 
Wisik  Kelud
               Dening: Gampang Prawoto

Suwe  anggonku  ngampet
jroning  dhadha

mbledosku 
saka  gumrengsenge  olah  piker  lan olah  rasa
sira

Lebuku  sumebar
dhedhet  saindenging  jagad
bumi  aji  tanah  jawi

Lebuku  klilip
kang  wenteh  “ cadhok  bisa  ndelok”
lelimengan  dadi  padhang
panguwasaning  gusti
minangka  pratandha
ontran – ontran  ing  nuswantara
ngranti  mangsa
tumuruning  ratu adil  bawa  laksana
enggal  tumiba.


Bojonegoro, 02232014


sastra-bojonegoro.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar